Liburan Nggak Cuma Ngeluarin Uang, tapi Bisa Menghasilkan Sesuatu!


Oleh: Bernardus Gian Pratama


Jalan-jalan memang mengharuskan untuk merogoh kocek. Tapi di saat bersamaan, kocek juga harus tetap diisi. Syaratnya, ya harus membuat perjalanan kamu menghasilkan sesuatu. Selain menulis cerita perjalanan dan memotret objek wisata yang ada, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan agar agenda jalan-jalan kamu bisa lebih menghasilkan:

1. Mengajar bahasa Indonesia di luar negeri

Bahasa Indonesia sudah mulai banyak dilirik oleh berbagai negara. Tak heran, jika sekolah atau institusi di sejumlah negara membutuhkan pengajar bahasa Indonesia. Sebagai orang Indonesia, pastinya kamu fasih berbahasa Indonesia. Yang perlu kamu lakukan, cukup mencari informasi mengenai institusi tersebut.

2. Cari visa kerja liburan

Cara lain menghasilkan pundi-pundi uang selama perjalanan adalah dengan mencari visa kerja. Ini biasanya untuk perjalanan ke luar negeri dengan waktu yang tidak singkat. Kamu bisa berlibur sekaligus bekerja. Untuk waktunya, tergabtung dari kesiapan dan keinginan kamu. Menarik ya?

3. Menjadi sukarelawan

Ketika melakukan perjalanan, kamu juga bisa menjadi sukarelawan untuk beberapa proyek sosial. Kamu bisa saja mendapatkan bayaran ataupun tidak, tergantung dari proyeknya. Tapi yang pasti kamu akan mendapat kesempatan untuk berkontribusi dalam penanganan masalah di masyarakat.

4. Ikut Konferensi

Dengan mengikuti sebuah konferensi, kamu akan bertemu dengan orang-orang hebat dari berbagi negara. Nah, kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk memperluas jaringan. Jika kamu termasuk orang yang pandai bergaul, bukan tidak mungkin kamu akan mendapat undangan perjalanan dari peserta konferensi lainnya.