Lebaran di Tengah Pandemi, Menag Imbau Jangan Terima Tamu saat Idul Fitri


Oleh Vira Syafina


JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengatakan bahwa masih banyak orang positif Covid-19 tanpa gejala, untuk itu masyarakat diimbau untuk tidak menerima tamu saat lebaran.

“Menyarankan supaya berlebaran di rumah saja bersama keluarga inti, tidak usah kemana-mana, dan juga tidak usah menerima tamu. Karena kita tidak tahu tamu yang datang mungkin membawa virus karena memang banyak orang yang sakit tanpa gejala (OTG),” kata Fachrul melalui siaran langsung di Youtube BNPB, Kamis (21/5) dikutip dari Detikcom.

Fachrul juga menyatakan bahwa silaturahmi tidak perlu bertemu secara fisik karena yang terpenting adalah kedekatan batin. Untuk itu ia menyarankan agar bersilaturahmi melalui media sosial (medsos) saja. Bagi keluarga yang berlebaran di rumah juga diimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Perlu saya garisbawahi supaya dalam situasi ini kita betul-betul menaati protokol kesehatan, meskipun kita beribadah di rumah saja kemudian bersilaturahmi via medsos, tetapi ketentuan-ketentuan protokol kesehatan tetap wajib kita lakukan dengan sebaik-baiknya,” jelasnya seperti dikutip dari Solopos.com.

Selain itu, dalam kesempatan ini Menag juga menyampaikan beberapa pesan diantaranya bahwa mudik tetap dilarang, shalat Id dilaksanakan di rumah, serta takbiran dilakukan di rumah saja serta masjid dan mushola menggaungkan takbir menggunakan pengeras suara. Ia berharap bahwa semua pesan ini tidak mengurangi kegembiraan dalam menyambut hari kemenangan.