Oleh : Lailatul Mubarokah

E:\SEMESTER 6\BERITA KORAN\lebaran.jpg 
(Doc. Shutterstock/brilio.net)

Lebaran akan tiba dalam hitungan hari. Umat muslim di seluruh dunia tengah mempersiapkan diri untuk menyambut hari kemenangan tersebut. Lebaran identik dengan berkumpul bersama keluarga dan berkunjung ke rumah kerabat atau teman untuk mempererat tali persaudaraan.

Namun, suasana perayaan lebaran kali ini cukup berbeda akibat adanya larangan pemerintah kepada masyarakat agar tidak mudik, guna mencegah penyebaran virus Covid-19. Sehingga banyak dari kita yang tak bisa mudik dan bersilaturahmi dengan keluarga.

Meskipun tidak dapat melakukan silaturahmi secara langsung, kamu masih bisa melakukannya dari jarak jauh. Silaturahmi secara virtual dapat kamu lakukan dengan memanfaatkan aplikasi video call. Kini, tersedia beragam aplikasi video call yang siap menunjang kegiatan silaturahmi kamu bersama keluarga.

Banyak sekali aplikasi video call yang bisa menghubungkan banyak orang bahkan sampai puluhan orang secara bersamaan. Kamu bisa mengajak sanak saudara untuk bergabung. Pilih dan sesuaikan layanan-layanan tersebut dengan kebutuhanmu. Beberapa diantaranya yaitu Zoom, Skype, Whatsapp, Google Hangouts, dan yang lainnya.

Selain itu, untuk memaksimalkan video call saat bersilaturahmi kamu bisa lakukan hal-hal berikut ini :
  1. Pastikan pencahayaan bagus. Usahakan melakukan video call di ruangan yang pencahayaan bagus agar mendapat kualitas gambar terbaik.
  2. Gunakan headset atau microphone untuk melancarkan suara dan membuat pendengar jadi nyaman.
  3. Posisikan gadget di permukaan datar agar kualitas gambar tidak goyang.
  4. Pastikan posisimu nyaman dan tak terpotong di tampilan layar. Ambil jarak agar penerima video call nyaman saat diajak ngobrol.
  5. Jangan mencharge handphone saat video call berlangsung agar tidak terganggu dan leluasa mencari tempat yang nyaman.


Nah, sebaiknya persiapkan diri kamu nanti saat lebaran tiba untuk melakukan video call. Hubungi kedua orang tua dan beberapa saudara. Jangan lupa untuk memastikan koneksi internet tetap stabil agar tidak ada hambatan saat melakukan video call, ya!