Oleh Vira Syafina





BANDUNG - Warga Bandung, Jawa Barat dihebohkan oleh suara dentuman misterius yang terjadi sekitar pukul 08.30 sampai 10.00 WIB. Menurut informasi DetikINET, Kamis (21/5) “Dentuman” menjadi trending topik di Twitter dengan 2.888 tweet.

Awalnya warga mengira dentuman itu berasal dari pembangunan proyek di sekitar rumah hingga akhirnya mereka menyadari bahwa suara tersebut merupakan “dentuman misterius”.

Akun @kerapais membagikan video dentuman tersebut melalui Twitter.

“Video dentuman paling jelas mrinding juga ei. Tadinya sempet mikir kek suara mercon bambu. Seyemm Vid by ig @.adtyfz upload ulang oleh @.infobandungkota,” tulis

Ini merupakan suara dentuman yang ketiga setelah sebelumnya bunyi serupa sempat terdengar dari Jabodetabek dan sebagian daerah di Jawa Tengah termasuk Solo dan Sragen.

Kepala Badan Mitigasi dan Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengakui bahwa banyak laporan dari warga Bandung dan sekitarnya mengenai suara dentuman ini.

Namun dari hasil monitoring tidak ada aktivitas gempa bumi, cuaca di Bandung pukul 10.00 WIB juga terpantau cerah.

“Berdasarkan data tersebut, suara dentuman tidak bersumber dari peristiwa gempa bumi, petir, atau cuaca di Bandung dan sekitarnya,” ucap Daryono.

Hingga kini BMKG masih menyelidiki terkait suara dentuman yang belum jelas titik terangnya.