Oleh : Nurtiyana Ramadhani

Foto : Unsplash.com

Generasi millenial merupakan sasaran yang tepat untuk pertumbuhan perekonomian di indonesia. Tentunya, sebagai seorang pebisnis kamu harus bisa mengambil hati mereka untuk ikut andil melejitkan produk kamu.

 Sama seperti berbisnis, kamu harus memahami generasi millenial terlebih dahulu untuk bisa menggandeng mereka untuk ikut membeli produk kamu. Lalu bagaimana tips agar produk kamu dicintai generasi millenial?

Rekomendasi yang Tepat dari Teman Maupun Internet
Biasanya, produk kamu akan lebih banyak diburu karena para konsumen mendapat rekomendasi dari teman-teman mereka atau dari internet.

Trik jitu agar produk dicintai konsumen adalah dengan membuatnya semenarik mungkin supaya lebih banyak yang merekomendasikan produk kamu. Banyak di antara kita membeli suatu barang karena terpengaruh dengan teman.

Nah, sebagai pebisnis sebaiknya kamu juga harus meningkatkan interaksi dan respon yang nyata antara pelanggan. Selain itu, ulasan mengenai produk dan layanan perusahaanmu juga sangat penting.

Penganggaran yang Baik
Saat ini generasi millenial cenderung berperilaku konsumtif namun tetap bijak. Maksudnya mereka akan benar-benar menganggarkan kebutuhannya dengan baik. Jadi wajar saja bila  mereka begitu tertarik dengan sistem cicilan.

Jika produk maupun jasa kamu memerlukan pembayaran dengan nominal yang besar, maka cobalah untuk melakukan inovasi dalam menyusun sistem pembayaran yang memudahkan konsumen. Cara yang dapat kamu coba ialah bekerja sama dengan bank untuk memberikan cicilan 6-12 bulan tanpa disertai bunga. Tentu, penawaran ini sangat menarik bagi konsumen millenial.

Lihat dan Perhatikan Dari Semua Sudut
Produk atau layanan yang mengedepankan kepentingan bersama sangat diminati oleh para millenial. Misalnya saja ketika ada suatu perusahaan yang menyediakan suatu produk, dengan membelinya konsumen dapat sekaligus membantu tuna netra atau pengidap kanker maka produk ini cenderung lebih diminati.

Sebagai pebisnis, kamu hanya perlu mengevaluasi apakah nilai produk kamu setara dengan apa yang mereka pikir? Carilah cara untuk menebar kebaikan lebih luas lagi.

Mempromosikan Produk Melalui Media Sosial
Trik jitu produk dicintai konsumen selanjutnya ialah dengan cara mempromosikan dan menyebarluaskan produk kamu melalui media sosial. Namun, pesaing bisnis di media sosial pun semakin bertambah.

Kamu hanya perlu melakukan inovasi dan mengasah kreativitas marketing untuk mempromosikan produk dan mengenalkannya. Buatlah giveaway yang menarik dan menguntungkan

Inovasi dengan Tujuan
Selalu berinovasi adalah salah satu trik untuk membuat pelanggan setia terhadap produk kamu. Mereka juga tentu mengalami kejenuhan. Akan tetapi memunculkan produk baru hanya demi inovasi tanpa kualitas dan manfaat juga percuma saja. Generasi millenial cenderung menginginkan inovasi yang nyata. Di mana suatu produk benar-benar mempengaruhi kehidupan mereka.
Jadi, sebagai pebisnis yang baik akan tepat rasanya jika mengetahui bagaimana kepuasan pelanggan terhadap produk kita. Tingkatkanlah kualitas produk kita agar selalu digemari konsumen ya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.